BPPT 2Pengkajian dan Penerapan Teknologi Kesehatan di BPPT

       Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memberikan kuliah tamu yang disampaikan oleh Agung Eru Wibowo selaku Kepala Laboratorium Teknologi Farmasi dan Medika bidang Teknologi Pengembangan Formula dan Sediaan Farmasi BPPT. Kuliah tamu ini diikuti oleh mahasiswa semester VI Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan. Acara yang dilaksanakan di auditorium kampus III UAD ini dimoderatori dosen Fakultas Farmasi, Mustofa Ahda, M.Sc

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, disingkat BPPT, adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang berada dibawah koordinasi Kementerian Negara Riset dan Teknologi yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengkajian dan penerapan teknologi.

“Banyak orang lebih mengetahui BPPT adalah lembaga yang mengurusi pesawat terbang, sebab BPPT pertama kali bergerak di bidang pesawat terbang yang di pelopori oleh Prof. Dr. Ing. BJ Habibie atas usulan Presiden Soeharto”, tutur Agung.

Pada kuliah tamu kali ini Agung menjelaskan mengenai profil BPPT yang didalamnya mempunyai salah satu bidang yang berkaitan dengan Farmasi yakni Teknologi Pengembangan Formula dan Sediaan Farmasi.

Agung mempersilahkan semua peneliti di Fakultas Farmasi untuk mengadakan penelitian di BPPT asal sebelumnya sudah mengadakan MoU dengan kedua belah pihak. BPPT pun menerima mahasiswa magang yang diutus oleh Fakultas yang sudah menandatangi MoU.

BPPT setiap tahun menerima pengawai baik dari S1 Farmasi maupun Apoteker. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi mahasiswa farmasi untuk bisa bekerja di BPPT.

“Farmasi itu tidak hanya bekerja di apotek, rumah sakit ataupun industri farmasi, BPPT merupakan salah satu tempat bekerja untuk tenaga kefarmasian”, ucap Agung.

“Banyak pengetahuan baru yang diperoleh setelah mengikuti kuliah tamu ini, jadi semakin bersemangat untuk menyelesaikan kuliah di farmasi”, kata Lyo salah seorang mahasiswa semester VI dari minat Farmasi Sains dan Bahan Alam.(ar)

Related posts: